Senin, 24 Oktober 2011

Dampak Jejaring Sosial Bagi Remaja

Situs jejaring sosial memiliki dampak positif pada remaja, beberapa contoh remaja dapat mengekspresikan dirinya di jejaring sosial tersebut. Tapi, apa dampak keseluruhan jejaring sosial pada remaja / kaum muda-mudi ?


            Di era globalisasi ini, kadang kala kita berkomunikasi dengan orang lain tidak harus bertemu langsung dengan orang lain tersebut dan buku tidak lagi menjadi satu-satunya jendela dunia. Berbagai macam fasilitas telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan salah satunya adalah jejaring sosial. Jejaring   sosial   memiliki  dampak  positif  pada  remaja . Mereka bisa mengetahui apa yang terjadi di dunia dalam sekejap, menuliskan pengalaman, dan memberikan informasi kepada orang lain.

Namun, siapa sangka kalau efek negatifnya lebih banyak daripada positif. Remaja yang sering menggunakan   jejaring sosial ( facebook / twitter ) menyebabkan nilai pelajaran mereka disekolah lebih rendah 20% daripada mereka yang lebih fokus dalam belajar. Jejaring sosial juga dapat menyebabkan waktu belajar dan waktu luang mereka terbuang sia-sia.

Kami ingin tahu, apa dampak jejaring sosial bagi diri kita sendiri, apakah lebih baik atau buruk ?














 Jadi, apakah jejaring sosial itu baik atau buruk? Kita tidak bisa menjawab pertanyaan ini dengan jawaban yang singkat seperti ya dan tidak. Jejaring sosial bagus untuk sebagian masyarakat, remaja dan muda-mudi dan buruk 
bagi yang tidak memanfaatkannya dengan benar. Tapi itu tidak harus terjadi pada diri kita sendiri. 

Sekarang jejaring sosial menjadi bagian penting dari hidup kita dan kita semua harus mempelajari bagaimana kita memanfaatkan sebaik mungkin situasi  sekarang  ini . Ketika jejaring sosial terhubung  dengan  kegiatan belajarmu, maka dampak ini akan menambah hal positif di kehidupan kita sebagai pelajar/mahasiswa.

Terakhir, jika jejaring sosial menyebabkanmu tertekan, depresi dan ketagihan lalu kenapa kalian tidak mencoba matikan komputermu dan menikmati alam dan cahaya matahari? Itu akan sangat membantu. .

Aku jamin !







Tidak ada komentar:

Posting Komentar